percobaan

Abstrak

Diplomasi publik adalah cara bagi sebuah negara untuk menarik perhatian publik asing agar berada di pihak kita. Korea Selatan menjadi salah satu negara yang sukses dalam menjalankan diplomasi publiknya dengan memanfaatkan penyebaran hallyu wave di berbagai negara. Hal ini dikarenakan hallyu wave berhasil dikemas dengan baik dan disebarkan melalui k-pop, k-drama, k-food hingga k-fashion yang pada akhirnya sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia penyebaran hallyu wave dapat dikatakan sangat masif terutama dikalangan remaja Indonesia yang kerap mengikuti perkembangannya hingga melahirkan berbagai macam komunitas pecinta Korea. Untuk memfasilitasi hal tersebut pemerintah Korea akhirnya mendirikan Korean Cultural Center dibawah naungan Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia yang bertugas sebagai agen penyebaran budaya. KCC sering menyelenggarakan berbagai kegiatan terkait kebudayaan dengan melibatkan masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran KCC sebagai agen budaya korea dalam melaksanakan diplomasi publik di Indonesia yang dianalisa melalui tiga dimensi diplomasi publik oleh Nye (2008). Tulisan ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data document-based research, internet-based reseach dan wawancara.

Komentar